3 Contoh Biografi Penulis Buku, Artikel, Novel, dan Cerpen

Biografi penulis adalah teks yang berisikan informasi tentang kehidupan pribadi maupun latar belakang dari seorang tokoh penulis secara lengkap.

Biografi akan menceritakan secara jelas tentang biodata dan berbagai hal yang terkait dengan prestasi yang sudah pernah diraih seseorang.

Tujuan dibuatnya teks biografi penulis adalah menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh para pembaca untuk bisa mengenal sosok seseorang yang diceritakan.

Dengan begitu pembaca bisa mengetahui latar belakang serta kehidupan yang dijalani tokoh tersebut.

Contoh Biografi Penulis (Artikel, Buku, Novel, dsb.)

Biografi bisa ditulis oleh orang lain maupun diri sendiri.

Untuk dapat membuat teks biografi dengan lebih baik, simaklah beberapa contoh biografi penulis yang bisa Anda jadikan pedoman sebagai berikut.

Contoh 1

contoh biografi penulis skripsi

Ameera Zahra merupakan penulis yang namanya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pada umumnya. Karya yang menginspirasi membuat banyak orang menyukainya.

Wanita kelahiran Banding 17 Oktober 1997 ini mengawal karir menulisnya saat duduk di bangku SMA. Ameera merupakan anak pertama dari pasangan Sulaiman dan Satiyem.

Kedua orang tua Ameera memiliki latar belakang dalam bidang Sastra, sehingga Ameera tumbuh di tengah lingkungan keluarga yang menekuni dunia jurnalistik. Ayah Ameera merupakan penulis yang sudah sering mendapatkan banyak penghargaan untuk tingkat Provinsi.

Sedangkan ibunya adalah seorang wartawan yang bekerja di berita harian lokal. Ameera sudah menunjukkan minatnya pada dunia jurnalistik sejak kecil karena sering melihat orang tuanya.

Bahkan sejak kecil Ameera sudah bercita-cita menjadi seorang penulis yang terkenal nantinya. Ameera menimba ilmu di SD Negeri 23 Bandung, kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Plus Bandung dan SMA Negeri 2 Bandung.

Ameera melajutkan pendidikannya dan mengambil jurusan Sastra di Universitas Indonesia pada tahun 2013. Namun Ameera terpaksa berhenti kuliah sementara akibat sakit yang dideritanya.

Ameera pengidap penyakit asma kronis sehingga membutuhkan perawatan yang lebih insentif. Setelah mendapatkan perawatan yang cukup, akhirnya Ameera dapat sembuh dan melanjutkan kuliahnya.

Saat itu Ameera mulai meluangkan waktu untuk menulis dan mengirimkannya ke beberapa penerbit. Dalam prosesnya, Ameera merasakan sulitnya menjadi seorang penulis dan karyanya belum juga diterima oleh para penerbit.

Perjuangannya selama satu tahun akhirnya membuahkan hasil, karya buatan Ameera mulai diterima oleh para penerbit. Beberapa karya Ameera yang sudah berhasil diterbitkan yaitu Rindu, Cinta Di Atas Kerta dan Pengorbanan Teman.

Hingga sekarang Ameera masih terus aktif menulis novel dan juga beberapa puisi. Kebanyakan karya Ameera disukai oleh kalangan anak muda karena dianggap menarik dan menginspirasi.

Berkat kerja kerasnya, Ameera mampu meraih penghargaan sebagai salah satu penulis populer yang karyanya habis terjual selama 3 tahun berturut-turut. Hal tersebut juga membuat Ameera mendapatkan julukan “Sendu”, karena kebanyakan karyanya mengandung unsur yang sendu namun memiliki arti yang mendalam.

Selain berprofesi sebagai penulis, Ameera juga sering menghadiri berbagai forum diskusi remaja dan menjadi dosen. Semangat serta mimpi yang dimiliki Ameera mampu menginspirasi generasi muda untuk bisa lebih bersemangat untuk meraih cita-citanya.

Contoh 2

contoh biografi penulis di buku

Senja merupakan nama pena yang dimiliki oleh sebuah penulis bernama asli Mira Alzahra. Bisa dibilang bahwa Mira merupakan salah satu penulis yang berbakat dan paling produktif.

Hal tersebut terbukti dari berbagai hasil karyanya yang muncul pada setiap tahun. Karya yang dihasilkan Mira cukup beragam mulai dari kisah romansa hingga kalimat-kalimat yang menginspirasi.

Mira Alzahra lahir di Padang pada tanggal 22 April 1978. Ide yang dituangkan oleh Mira dianggap tidak biasa karena terkesan sangat unik dan mampu dipahami dengan mudah.

Meskipun Mira tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang Sastra, namun ia selalu tertarik dengan bidang menulis. Hal inilah yang membuat Mira memiliki hobi sebagai penulis novel.

Mira merupakan mahasiswa lulusan Manajemen Universitas Perbanas. Sejak duduk di bangku kuliah, Mira sudah sering menulis dan membagikan karyanya diberbagai media online seperti blog dan lain sebagainya.

Saat kuliah Mira juga sering kali mengikuti berbagai pertandingan menulis untuk mengasah kemampuannya. Tanpa disangka beberapa kali Mira mampu memenangkan pertandingan yang diikutinya.

Hal ini membuat Mira semakin percaya diri untuk menulis novel. Kisah percintaan dan konflik anak muda diangkat sebagai tema utama dari novel karya Mira.

Kisah bertema kehidupan sehari-hari akan mudah dimengerti dan mampu memberikan masukan bagi orang lain. Mira berharap, karyanya mampu menginspirasi anak muda agar bisa menjalani hidup dengan lebih baik.

Ketertarikan Mira dalam bidang jurnalistik semakin meningkat ketika karyanya semakin banyak disukai. Penikmat novelnya selalu mendukung dan memberikan tanggapan yang positif untuk membangun semangat Mira.

Sejak saat itu akhirnya Mira memutuskan untuk menekuni bidang jurnalistik dan terus mengeluarkan karya yang unik. Beberapa karya yang sudah diterbitkan oleh Mira antara lain Surat Dari Surga, Titik Balik dan Air Mata Tak Berair.

Beberapa karya Mira bahkan masuk dalam jajaran novel best seller yang banyak dicari oleh para pembaca. Selain menerbitkan buku, Mira juga masih aktif menulis cerpen di beberapa media online.

Contoh 3

contoh biografi penulis cerpen

Ali Rusli merupakan penulis muda yang saat ini namanya sedang naik daun. Berkat karyanya yang menyentuh, Ali Rusli mampu menjangkau selera semua kalangan masyarakat pada umumnya.

Ali Rusli merupakan anak terakhir dari pasangan Ardiansyah dengan Maria yang merupakan seorang mualaf berbangsaan China. Ali Rusli memiliki dua kakak perempuan bernama Casandra dan Clara.

Ayah Rusli merupakan dosen di Universitas Indonesia, sedangkan ibunya adalah seorang jurnalistik untuk portal berita. Ali Rusli dan keluarga sangat menyukai seni tulis, bahkan kedua kakaknya juga berprofesi sebagai penulis novel.

Hidup dalam keluarga yang memiliki ketertarikan dibidang jurnalistik membuat Ali juga menyukai bidang tersebut. Tak heran jika sejak kecil Ali berkeinginan untuk mengikuti jejak keluarganya untuk menjadi seorang penulis.

Untuk memperdalam pemahaman Ali dalam bidang jurnalistik, akhirnya ia memutuskan untuk mengambil kuliah jurusan Sastra di Universitas Padjajaran. Selama masa kuliah Ali sudah mulai menulis diberbagai media online.

Ketertarikan Ali dalam bidang penulisan cerpen dan novel membuat ia akhirnya menyelesaikan karya pertamanya. Novel tersebut ia kirimkan ke penerbit dan ternyata reaksinya sangat luar biasa.

Melalui novel berjudul “Pulang” Ali memulai debutnya sebagai penulis. Karyanya yang menginspirasi membuat banyak sekali orang yang menyukainya.

Beberapa talk show yang diselenggarakannya juga selalu didatangi oleh banyak penggemar. Hal tersebut membuat Ali semakin semangat untuk menghasilkan berbagai karya baru yang lebih baik lagi.

Baru-baru ini Ali sudah menerbitkan kembali buku barunya yang berjudul “Sang Pemimpi”. Buku ini didedikasikan untuk memberikan semangat bagi generasi muda agar jangan takut bermimpi dan mau berupaya untuk meraih mimpi tersebut.

Berdasarkan contoh biografi penulis di atas, cukup mudah bukan membuat teks biografi penulis ? Dengan adanya contoh di atas, Anda bisa lebih mudah memahami bagaimana cara membuat biografi yang benar.

Teks biografi penulis akan memberikan informasi kepada orang lain untuk bisa mengetahui latar belakang tokoh yang dibahas secara lebih mendetail.

Anda membutuhkan jasa penulis artikel untuk kebutuhan konten yang tak terbatas?

Tentu saja, TukangKonten siap membantu Anda dalam hal tersebut.

Penasaran dengan penawaran kami dan ingin konsultasi terlebih dahulu? 

Langsung tekan saja tombol Whatsapp di bawah ini.